KOMPONEN DASAR
BIMBINGAN DAN KONSELING
Komponen adalah bentuk
atau bagian, jadi komponen dasar bimbingan dan konseling adalah apa
saja yang menjadi bagian dasar dari bimbingan dan konseling itu sendiri,
sehingga dalam prosesnya akan berjalan sebagaimana mestinya. Yang
termasuk komponen dasar konseling yaitu:
1. Konselor
Konselor
adalah orang yang ahli dibidang konseling, sehingga dapat memberikan
pelayanan dan bantuan kepada klien. Ada beberapa hal yang harus dimiliki
oleh seorang konselor, yaitu:
- mempunyai wawasan yang luas
- pribadi yang menarik
-
harus memiliki sifat yang ramah, mengetahui dan memahami setiap apa
yang dikatakan oleh klien atau data-data klien, apa yang dikatakan klien
haruslah dipelihara atau dipegang karena dalam konseling itu terdapat
azas kerahasiaan.
- Konselor harus bersifat sabar untuk mendengarkan
agar dapat memahami dari apa yang diceritakan terhadap data-data yang
harus dipelihara agar dapat memberi solusi.
- Konselor harus bersifat humoris agar proses pelayanan tidak kaku
2. Klien
Klien adalah orang yang membutuhkan bantuan atau pelayanan dari seorang ahli guna mendapat jawaban atau solusi.
3. Ruangan
Dalam
proses pelayanan konseling harus mempunyai ruangan-ruangan tertentu
agar terbentuk ruangan yang nyaman dan bagus untuk berkonsultasi dan
jauh dari gangguan-gangguan yang bisa mengganggu proses konseling
tersebut. Ruangan yang ideal adalah 8 X 8 meter Diantara ruangan yang
harus dimiliki adalah:
- ruang data, yaitu ruangan berkenaan dengan administrasi
- ruang tamu, yaitu ruang tempat menunggu
- ruang bimbingan individual, yaitu ruang proses pelayanan yang mana konselor yang hanya melayani seorang klien
- ruang bimbingan kelompok, yaitu ruang proses pelayan yang mana konselor melayani orang banyak atau kelompok
- ruang relaksasi, yaitu ruangan yang penuh dengan kenyamanan
- ruang kerja, yaitu ruang khusus untuk konselor
4. Sesi
Sesi adalah jumlah pertemuan dalam proses pelayana antara konselor dan klien. Biasanya sesi dilakukan lima sampai 10 sesi.
5. Teknik
Teknik
yang digunakan dalam pelayanan itu tergantung yang mana cocok terhadap
klien. Teknik yang paling banyak dan paling sering digunakan adalah
teknik klien center.
6. Kontrak kerja
Kontrak kerja harus ada,
bertujuan agar proses bisa lancar, ada kesepakatan dan agar tidak
terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar